Apa sih sebenarnya Twitter itu?
Twitter adalah sebuah jaringan informasi yang terdiri dari pesan 140 karakter yang disebut Tweet. Ini adalah sebuah cara baru yang mudah untuk menemukan berita terbaru (“apa yang sedang terjadi” yang berkaitan dengan hal-hal yang Anda gemari.
Apa Guna atau fungsi Twitter ini?
Twitter berisi informasi yang akan Anda anggap berharga.
Pesan dari pengguna yang Anda pilih untuk Anda ikuti akan muncul di
beranda Anda untuk Anda baca. Rasanya seperti dikirimi sebuah koran yang
berita utamanya selalu Anda rasa menarik – Anda dapat menemukan berita
pada saat sedang terjadi, belajar lebih banyak tentang topik yang
penting bagi Anda, dan mendapatkan informasi langsung dari narasumber
secara aktual.
Sebelum saya mengupas tuntas pengertian Twitter, cara menggunakan Twitter yang lebih efektif dan lain sebagainya, saya fikir saya harus menunjukkan dulu bagaimana cara
mendaftar atau membuat akun Twitter yang akan saya tuliskan besok, jadi
untuk hari ini baca dulu yang diatas dengan seksama (terutama tulisan
yang sya garis bawahi) dan silahkan tinggal komentar bila ada yang kurang jelas.
Sejarah
Twitter berawal dari sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh anggota
dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut, Jack
Dorsey memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa menggunakan SMS
layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Proyek ini
dimulai pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006.
Twitter menjadi perusahaan sendiri pada bulan April 2007.
Popularitas Twitter mulai meningkat pada tahun 2007 ketika terdapat
festival South by Southwest (SXSW). Selama acara tersebut berlangsung,
penggunaan Twitter meningkat dari 20.000 kicauan per hari menjadi
60.000. Reaksi di festival itu sangat positif.
Pada tanggal 14 September 2010, Twitter mengganti logo dan meluncurkan desain baru.
Pertumbuhan
Sudah lebih dari 400.000 kicauan dikirim-tampil (post) per
kuartal pada tahun 2007. Kemudian berkembang menjad 100 juta kicauan
dikirim-tampil per kuartal pada 2008. Pada akhir tahun 2009, 2 miliar
per kuartal kicauan sudah dikirim-tampil. Pada kuartal pertama tahun
2010, 4 miliar kicauan yang dikirim-tampil. Pada bulan Februari 2010
pengguna Twitter mengirimkan 50 juta per hari. Pada Juni 2010, sekitar
65 juta kicauan yang dikirim-tampil setiap hari, setara dengan sekitar
750 kicauan dikirim setiap detik, menurut Twitter.
Pengguna Twitter akan menjadi lebih aktif ketika ada kejadian
menonjol. Sebagai contoh, rekor diciptakan pada Piala Dunia 2010, ketika
penggemar menulis 2940 kicauan per detik di kedua periode 30 setelah
Jepang mencetak gol melawan Kamerun pada tanggal 14 Juni 2010. Rekor
dipatahkan lagi ketika 3085 kicauan per detik yang dikirim-tampil
setelah kemenangan Los Angeles Lakers di Final NBA 2010 pada tanggal 17 Juni 2010. Hal ini pun terjadi ketika penyanyi Michael Jackson
meninggal dunia pada tanggal 25 Juni 2009, server Twitter turun karena
pengguna memperbarui status mereka untuk memasukkan kata-kata "Michael
Jackson" pada tingkat 100.000 kicauan per jam.
Secara Keseluruhan
Pesan
Pengguna dapat menulis pesan berdasarkan topik dengan menggunakan pagar (#) (hashtag). Sedangkan untuk menyebutkan atau membalas pesan dari pengguna lain bisa menggunakan tanda @.
Pesan pada awalnya diatur hanya mempunyai batasan sampai 140 karakter
disesuaikan dengan kompatibilitas dengan pesan SMS, memperkenalkan
singkatan notasi dan slang yang biasa digunakan dalam pesan SMS. Batas
karakter 140 juga meningkatkan penggunaan memperpendek layanan URL
seperti bit.ly, goo.gl, dan tr.im, dan jasa hosting konten, seperti
Twitpic, Tweephoto, memozu.com dan NotePub untuk mengakomodasi
multimedia isi dan teks yang lebih panjang daripada 140 karakter.
Twitter menggunakan bit.ly untuk memperpendek otomatis semua URL yang
dikirim-tampil.
Konten Dalam Twitter
Laman Utama (Home)
Pada halaman utama kita bisa melihat kicauan yang dikirimkan oleh orang-orang yang menjadi teman kita.
Profil
Pada halaman ini yang akan dilihat oleh seluruh orang mengenai profil
atau data diri serta kicauan yang sudah pernah dikirim-tampil.
Pengikut (Follower)
Pengikut adalah pengguna lain yang ingin menjadikan kita sebagai
teman. Bila pengguna lain menjadi pengikut akun seseorang, maka kicauan
seseorang yang ia ikuti tersebut akan masuk ke dalam halaman utama.
Ikutan (Following)
Kebalikan dari pengikut, ikutan adalah akun seseorang yang mengikuti
akun pengguna lain agar kicauan yang dikirim oleh orang yang diikuti
tersebut masuk ke dalam halaman utama.
Gamitan (Mentions)
Biasanya konten ini merupakan balasan dari percakapan agar sesama pengguna bisa langsung menandai orang yang akan diajak bicara.
Favorit
Kicauan ditandai sebagai favorit agar tidak hilang oleh halaman sebelumnya.
Pesan Langsung (Direct Message)
Fungsi pesan langsung lebih bisa disebut SMS
karena pengiriman pesan langsung di antara pengguna tanpa ada pengguna
lain yang bisa melihat pesan tersebut kecuali pengguna yang dikirimi
pesan.
Tagar (Hashtag)
Tagar yang ditulis di depan topik tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik yang sejenis yang ditulis oleh orang lain juga
Senarai (List)
Pengguna twitter dapat mengelompokkan ikutan mereka ke dalam satu
grup atau senarai sehingga memudahkan untuk dapat melihat secara
keseluruhan para nama pengguna (username) yang mereka ikuti (follow).
Topik Hangat (Trending Topic)
Topik yang sedang banyak dibicarakan banyak pengguna dalam suatu waktu yang bersamaan.
Isi Kicauan
Isi Kicauan menurut Pear Analytics.
- Berita
- Spam
- Promosi diri
- Celoteh tidak berarti
- Percakapan
- Nilai lewat-terus (pass-along)
0 komentar: