Trik Sederhana Mengajak Pelanggan Menjadi Tim Promosi di Media Sosial
Perkembangan zaman yang serba modern
telah menciptakan beragam tuntutan yang semakin meningkat. Hal tersebut
juga berlaku dalam dunia bisnis. Bila dulu bisnis konvensional dapat
menahan seorang pelanggan setia untuk duduk manis menanti produk idaman
siap digunakan, lain halnya dengan bisnis modern zaman sekarang.
Peran #media sosial saat
ini selain sebagai media sosialisasi juga sebagai sumber informasi
dapat membuat seorang pelanggan setia kabur ketika mengetahui bahwa
harga di “toko sebelah” ternyata lebih terjangkau daripada harga yang
Anda tawarkan. Celakanya lagi bila tim Anda ternyata kurang cekatan dan
kurang luwes dalam menghadapi pelanggan. Bisa-bisa pelanggan-pelanggan
setia Anda kabur hanya karena merasa kurang diperhatikan.
Kehadiran sosial media tentunya
membawa pengaruh besar dalam perkembangan dunia marketing bisnis
utamanya dalam hal ini mengenai #internet marketing. Penggunaan sosial media secara tepat dapat memperbesar dan memperkuat jaringan marketing bisnis Anda.
Pelanggan yang memperoleh informasi
produk melalui sosial media merupakan salah satu kunci sukses
pemanfaatn sosial media sebagai sarana promosi bisnis. Pelanggan yang
puas terhadap kualitas produk dan pelayanan Anda secara tak langsung
dapat menjadi tim promosi (brand ambassador) via media sosial. Trik-trik
sederhana berikut ini ternyata sukses menjaring pelanggan yang loyal
menjadi tim promosi di sosial media:
1. Buatlah Sistem yang Terorganisir Dengan Baik
Urusan sistem bukan hanya menjadi
masalah bagi bisnis modern yang baru dirintis. Beragam bisnis yang telah
sukses pun harus senantiasa membenahi sistem secara berkesinambungan
agar proses bisnis berjalan dengan optimal.
Sistem yang harus diorganisir
mencakup sistem penanganan order, sistem persiapan bahan baku, sistem
pengolahan atau produksi hingga sistem pengiriman produk ke pelanggan.
Sistem yang tertata dengan baik tentu dapat memaksimalkan efisiensi
waktu dan membuat pelanggan merasa surprise karena tak perlu
berlama-lama menunggu. Tentunya dengan sistem yang baik kita akan dapat
memberikan pelayanan optimal pada pelangggan, dan pelanggan yang puas
tidak akan sungkan untuk merekomendasikan bisnis Anda di media sosial.
2. Jangan Berperan Seperti Mesin Penjawab Otomatis
Jangan lupakan esensi bahwa manusia
adalah mahkluk sosial. Maksudnya, berusahalah menciptakan hubungan yang
akrab dan interaktif dengan para pelanggan Anda di sosial media. Jangan
memberikan kesan bahwa Anda adalah mesin penjawab otomatis yang menjawab
setiap pertanyaan pelanggan tanpa meninggalkan kesan friendly.
Sesekali sebutlah nama panggilan
pelanggan Anda dengan santun disertai dengan jawaban yang tepat atas
pertanyaan mereka. Hal ini akan menciptakan interaksi yang membuat
mereka merasa dihargai. Mereka pun tak segan lagi untuk mempromosikan
bisnis Anda kepada orang lain, karena sikap friendly dan hangat yang
Anda berikan.
3. Fast Fespon adalah Sesuatu Yang Penting
Sudah bukan rahasia lagi bahwa
pelanggan yang menghubungi untuk menanyakan informasi mengenai produk
bisnis Anda biasanya menuntut respon yang cepat dan tanggap, kalau bisa
dalam hitungan detik. Bahkan ada saja pelanggan yang bersikap”tak
santai” dan melakukan ping berulang-ulang kali. Jangan salahkan mereka
yang terlalu terburu-buru, sebaliknya hal ini harus menjadi masukan bagi
Anda dan tim untuk merespon secepat dan setanggap mungkin.
Sebuah penelitian yang dilakukan di
Inggris mendapatkan hasil bahwa, 25% dari pengguna sosial media
mengharapkan respon dalam kurun waktu kurang dari 1 jam, bahkan 6%
diantaranya mengharapkan respon secepat mungkin dalam kurun waktu 10
menit. Bila Anda dan tim belum menjawab pertanyaan para pelanggan dalam
kurun waktu yang agak lama, bisnis Anda bisa dicap sebagai bisnis yang
kurang peduli terhadap tanggapan dan pertanyaan pelanggan.
4. Bersikaplah Transparan
Menjawab pertanyaan demi pertanyaan
pelanggan melalui PM (private message) memang baik dan mencerminkan
sifat personal. Namun ternyata menjawab pertanyaan demi pertanyaan
secara transparan melalui timeline Anda juga merupakan suatu hal yang
baik.
Jawaban-jawaban Anda mungkin dapat
membantu pelanggan lain yang di kemudian hari memiliki pertanyaan yang
sama. Sampaikanlah jawaban dan penjelasan anda secara cepat, singkat,
tepat sasaran serta tetap sopan. Hal ini akan menimbulkan respect dari
para pelanggan Anda.
5. Konsisten di Semua Media Sosial
Berapa banyak sosial media yang Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis Anda? #Twitter untuk menjawab pertanyaan para pelanggan? #Instagram untuk posting foto-foto produk? Atau #Youtube untuk mengunggah promosi dalam bentuk audio visual?
Apapun media yang Anda gunakan,
konsistensi di setiap sosial media harus selalu dijaga. Jangan sampai
si pelanggan bingung karena mendapatkan jawaban yang berbeda-beda saat
bertanya di sosial media yang berbeda. Jawaban yang seragam dan kompak
akan menguatkan keyakinan pelanggan atas kredibilitas bisnis Anda.
Dengan begitu, pelanggan akan menjadi lebih setia dan memahami
spesifikasi bisnis Anda.
0 komentar: