Cara Bijak untuk Menangani Kritik di Media Sosial
Keberadaan sosial media sudah
berkembang menjadi sebuah media komunikasi yang juga dijadikan tempat
menyampaikan pendapat. Para pengguna #sosial media di
seluruh penjuru dunia dapat bebas mengemukakan pendapat mereka melalui
sosial media. Siapapun Anda, apaun profesi Anda, sosial media menjadi
wadah untuk menyalurkan aspirasi dan menyampaikan pendapat Anda mengenai
berbagai tren dan kondisi sosial lainnya.
Fungsi sosial media sebagai sarana
penyampaian pendapat kadangkala membuat para pebisnis mulai kewalahan
dalam menanggapi pendapat khalayak ramai terhadap bisnis yang sedang
dirintis. Tak selamanya penggunaan media sosial sebagai sarana
pengembangan bisnis akan berjalan mulus. Akan ada komentar-komentar
pedas, kritik yang terkesan kasar atau pendapat orang yang membandingkan
bisnis Anda dengan keunggulan bisnis sejenis lainnya.
Seorang pebisnis yang berjiwa besar
dan berkomitmen untuk mengembangkan bisnis tentu harus memiliki kepala
yang dingin dalam menghadapi setiap kritik pedas, saran atau komentar
dari para pengguna sosial media. Beberapa tips berikut ini mungkin dapat
membantu Anda untuk bersikap bijak dalam menangani kritik di media
sosial:
1. Meningkatkan Kualitas Kesabaran Anda
Anda mungkin tidak bisa mengubah
pendapat sebagian masyarakat yang tidak menyukai keberadaan bisnis Anda.
Namun kesabaran dan sikap bijak yang Anda sampaikan dapat membuat
penggun socia media lainnya memberikan respect yang positif bagi
keberadaan bisnis Anda. Jadi, tak ada ruginya bila Anda selalu bersikap
manis dan bijak di sosial media.
2. Berusahalah Bersikap Netral
Hendaknya Anda bersikap senetral
mungkin bila Anda terjebak dalam suatu situasi diskusi atau debat di
sosial media. Bantulah kedua pihak yang terlibat dalam perdebatan untuk
berusaha mengoreksi diri dan menilai kembali perspektif masing-masing
pihak.
Memberikan saran berupa win-win
solution akan menjadi nilai tambah bagi diri Anda sendiri. Jadi, jangan
pernah berpihak pada pihak mana pun, tapi cobalah memberi solusi terbaik
bagi perdebatan yang sedang terjadi.
3. Stay Focused
Tetap fokus dengan tujuan Anda dalam
menggunakan sosial media akan membuat Anda lebih berkonsentrasi untuk
menyajikan berbagai data, inovasi atau fakta menarik seputar hal-hal
yang berkaitan dengan bisnis Anda.
4. Hargailah waktu Orang Lain
Penggunaan sosial media memang
mempermudah Anda untuk membagikan beragam konten dan informasi dari mana
pun di waktu kapan pun yang Anda suka. Namun ingatlah bahwa pengguna
sosial media lainnya juga memiliki aktivitas lainnya selain
memperhatikan sosial media. Jadi, mulailah mencoba menghargai waktu
orang lain. Bagikan konten dan informasi di waktu-waktu prime time.
Hindari posting konten yang terlalu
panjang karena hal ini dapat membuat pengguna sosial media lainnya
merasa malas dan akhirnya mengkritik perilaku Anda. Daripada menyajikan
konten yang terlampau panjang dan membosankan, konten-konten singkat,
padat dan menarik biasanya menjadi suatu bentuk konten yang digemari
banyak orang.
5. Cobalah Membuat Percakapan Langsung di Dunia Nyata
Bila Anda terlibat dalam suatu
konflik panas di sosial media,coba pikirkan apakah konflik tersebut
memang worthed untuk diselesaikan di kehidupan nyata. Bila konflik
tersebut memang sangat mengganggu kinerja dan kredibilitas bisnis Anda,
ada baiknya bila Anda menghubungi orang yang bersangkutan untuk
menyelesaikan masalah secara bijak di kehidupan nyata. Namun bila
masalah tersebut masih dapat diselesaikan dengan perantaraan sosial
media, cobalah untuk meminta maaf dan menetapkan solusi yang terbaik.
6. Bersikap Tegas Menyikapi Komentar Kasar
Bila Anda terlanjur merasa tak
nyaman dengan perilaku pengguna sosial media lainnya yang menyerang dan
mengganggu Anda secara kasar, mem-block merupakan salah satu jalan
keluar terakhir yang harus dilakukan. Mem-block akun orang lain mungkin
akan terkesan ekstrim dan kasar, namun ini adalah satu-satunya jalan
terbaik bila pengguna sosial media tersebut tidak dapat diajak
bernegosiasi dan menyelesaikan permasalahan secara bijak. Agar Anda
lebih fokus dan tidak merasa risih di socia media, cobalah untuk
mem-block akun yang sering mengganggu Anda dengan serangan-serangan
kasar.
0 komentar: