Female Daily, Startup Sukses yang Berawal dari Hobi Blogging
Pertumbuhan pengguna teknologi
internet yang terus meningkat membuat banyak blogger ingin memiliki
startup sendiri yang sukses. Banyak blogger sukses mengelola blog
yang sesuai minat mereka dan bisa menghasilkan uang secara terus menerus
dari kegiatan blogging yang mereka lakukan.
Namun tentunya tak semua blogger
mampu mencapai kesuksesan yang mereka inginkan. Kuncinya adalah
kita harus melakukan sesuatu yang memang sesuai dengan hobi dan minat,
dengan begitu kesuksesan dan peluang emas perlahan tapi pasti akan mulai
menghampiri. Prinsip inilah yang mengantarkan kesuksesan sebuah #startup bernama Female Daily (FemaleDaily.com).
Awal Berdirinya Female Daily
Female Daily awalnya adalah sebuah
blog pribadi yang berisi beragam konten fashion dan kecantikan yang
dikelola oleh seorang wanita bernama Hanifa Ambadar pada tahun 2005.
Hampir setahun kemudian, Hanifa sempat menemukan blog Affi Assegaf yang
saat itu bekerja di sebuah perusahaan kosmetik terkenal.
Usut punya usut, ternyata Affi
adalah kakak kelas Hanifa sewaktu di bangku SMA. Setelah berkenalan dan
saling mengenal satu sama lain, akhirnya pada tahun 2007 Affi memutuskan
untuk bergabung bersama Hanifa untuk bersama-sama mengembangkan blog
Female Daily.
Kala itu kedua sahabat ini sudah
mulai mengamati potensi pengembangan blog pribadi menjadi salah satu
media online yang sangat berpengaruh terhadap penyebaran informasi
fashion dan kecantikan seperti yang berbagai blog fashion terkenal di
luar negeri. Hanifa dan Affi yang saat itu mulai mengembangkan Female
Daily secara paruh waktu di sela-sela kesibukan kerja sebagai karyawan
akhirnya mulai mendapat penghasilan dari iklan serta sejumlah kerjasama
dengan klien.
Pada tahun 2009, Hanifa dan Affi
memutuskan untuk mengembangkan konsep Female Daily sehingga tak hanya
membahas tentang kecantikan dan fashion, namun juga membahas tema
seputar dunia wanita lainnya seperti parenting, tema keluarga dan
shopping.
Strategi Bisnis yang Diterapkan Female Daily
Untuk mewujudkan visi“To be the
company that best understand women, empower women and connet women to
each other”, Female Daily memiliki 5 strategi bisnis yang membuat Female
Daily berkembang pesat dan mampu mendulang kesuksesan sebagai media
online.
1. Mulailah dengan passion
Passion adalah salah satu hal paling
penting yang mengantarkan Hanifa dan Affi untuk mengembangkan Female
Daily. Passion di bidang menulis akan membuat anda merasa bersemangat
dan mampu menyampaikan ide-ide anda secara lebih komunikatif.
2. Gaya penulisan yang real dan mudah dimengerti
Female Daily sangat memahami bahwa
pembaca adalah aset utama yang menunjang kesuksesan media online. Hal
inilah yang membuat Female Daily selalu berusaha membuat gaya penulisan
yang ringan dan santai dari sudut pandang pembaca. Gaya penulisan yang
berasal dari pengalaman pribadi juga mampu membuat para pembaca merasa
lebih akrab dan tertarik untuk mengikuti setiap tulisan-tulisan di
Female Daily.
3. Kualitas konten visual
Saat ini perkembangan media online
tak hanya membutuhkan konten tulisan yang bermanfaat dan mampu menarik
pembaca. Konten visual yang menarik dan eye catching biasanya akan
memancing para pembaca untuk mengikuti tulisan-tulisan di media online.
Jadi, agar tulisan anda bisa menarik banyak pembaca, penggunaan
ilustrasi gambar dan video yang berkualitas sangat dibutuhkan sebagai
pelengkap konten tulisan.
4. Pentingnya fasilitas untuk mewadahi kontribusi pembaca
Pembaca tentu akan merasa senang dan
dihargai bila anda menyediakan fasilitas istimewa yang membuat para
pembaca dapat memberikan kontribusi atau menjalin komunikasi dengan
pembaca lainnya. Hal inilah yang mendorong Female Daily untuk
menyediakan fasilitas berupa “Review Female Daily” dimana pembaca dapat
berkontribusi untuk menyampaikan review mengenai karakteristik kosmetik
sesuai jenis kulit, usia, warna kulit atau indikator lainnya. Selain itu
ada pula Forum Female Daily yang yang menjadi wadah berbagi informasi
antar pembaca seputar tema kecantikan, fashion dan tema-tema lainnya.
5. Komunitas online dan offline yang interaktif
Membangun komunitas yang hangat dan
komunikatif juga menjadi kunci keberhasilan Female Daily. Hingga saat
ini Female Daily memiliki 150.000 pengguna terdaftar yang saling aktif
berbagi informasi dan pengalaman. Female Daily juga aktif mengadakan
kegiatan offline untuk mempererat hubungan antara founder blog dan
seluruh pembaca Female Daily.
0 komentar: