Perkembangan Kaskus, Startup Forum Khas Generasi Muda Indonesia
Mayoritas pengguna #internet di
Indonesia berasal dari kalangan usia muda dan produktif. Kalangan
generasi muda tersebut biasanya menggunakan internet sebagai sarana
untuk memperoleh informasi, berita terkini maupun sebagai media
komunikasi antar generasi muda. Tak heran bila hal tersebut menjadi
latar belakang munculnya beragam startup khusus untuk mewadahi kebutuhan
komunikasi generasi muda. Salah satu startup Indonesia yang sukses
mewadahi komunikasi dan kegiatan berbagi informasi di Indonesia adalah Kaskus.
Lahir dan berkembang menjadi sebuah
media berbentuk forum, Kaskus perlahan juga menjadi media jual beli yang
amat potensial saat ini. Nah buat rekan-rekan utamanya para
agan-aganwati kaskuser tentunya sudah tahu bahkan Kaskus baru saja
merayakan ulang tahunnya ke 15 dan Maxmanroe akan sedikit membahas
mengenai perkembangan Kaskus hingga saat ini.
Kaskus di Masa Kini
Kaskus saat ini telah menjelma
menjadi forum online terbesar di Indonesia. Hingga akhir tahun 2014 ini
Kaskus berhasil memfasilitasi berbagai forum diskusi, forum jual beli,
forum lelang dan memuat beragam informasi seru khas anak muda Indonesia.
Jumlah anggota aktif Kaskus sudah menginjak angka 6.3 juta pengguna
bahkan lebih.
Dengan 150 forum dan sub forum, 400
komunitas dan 500.000 penjual di forum jual beli, Kaskus bisa mencetak
hingga 3.500 posting setiap detik. Sungguh suatu angka yang
mencengangkan dan menjadi prestasi tersendiri bagi bidang startup
teknologi di Indonesia.
Pada tanggal 6 November 2014 yang
lalu, Kaskus merayakan 15 tahun perjalanan karir sebagai salah satu
startup teknologi Indonesia.Ya, startup kecil-kecilan yang dirilis pada
tahun 1999 tersebut akhirnya mulai menggurita dan menjadi salah satu
raksasa teknologi di Indonesia. Lalu apa saja inovasi yang dilakukan
Kaskus setelah menginjak usia 15 tahun?
Perayaan Ulang Tahun Bersama Semua Kaskusers
Di momen ulang tahunnya yang ke 15,
Kaskus meluncurkan sub domain sebagai bentuk perayaan bersama seluruh
anggota Kaskuser se-Indonesia. Sub domain tersebut digunakan untuk lomba
adu harga dan tebak harga. Pada lomba adu harga, tim Kaskus telah
menyiapkan berbagai produk yang dilepas dengan sistem lelang untuk
seluruh Kaskuser. Sedangkan untuk lomba tebak harga, Kaskuser dapat
mencoba menebak harga yang sudah ditetapkan tim Kaskus setelah melihat 3
petunjuk harga yang diberikan. Pemenang lomba adu harga dan tebak harga
berhak membawa pulang hadiah dengan membayar sejumlah uang yang sudah
diajukan dalam lomba tersebut.
Selama 15 hari terhitung sejak
tanggal 6 November, akan ada 15 produk yang diajukan di lomba tebak
harga dan 15 produk pada lomba adu harga. Ketiga puluh produk tersebut
terdiri dari berbagai gadget, sepeda motor, tas eksklusif, laptop dan
produk keren lainnya.
Beragam Fitur Baru di Playground Kaskus
Selain merayakan ulang tahunnya
melalui berbagai lomba dengan hadiah menarik, Kaskus juga meluncurkan
beberapa fitur terbaru di playground Kaskus. Fitur-fitur tersebut antara
lain adalah Infokost (layanan direktori untuk membantu pencarian tempat
kost), Kaskus Radio dan Groupee. Selain ketiga fitur baru tersebut,
Kaskus juga menyertakan fitur adu harga dan tebak harga pada playground
Kaskus.
Jika berbagai fitur baru tersebut
mendapatkan respon yang positif dari para Kaskuser, maka Kaskus akan
berupaya memperbaiki dan melengkapi fitur-fitur tersebut agar semakin
bermanfaat bagi seluruh Kaskuser.
Sejarah Kaskus akan Difilmkan!
Kisah pendirian Kaskus oleh 2 orang
sahabat, Ken Lawadinata dan Andrew Darwis rupanya sangat menarik dan
inspiratif untuk disimak. Hal ini pula yang mendorong 700 Picture untuk
membuat film mengenai Kaskus menjadi salah satu proyek film terbarunya.
Film tentang perjalanan Kaskus tersebut rencananya akan mulai digarap
pada Maret 2015. Naya Anindita merupakan sosok host lulusan Curtin
Universityyang akan menyutradarai film Kaskus tersebut.
Film yang menceritakan tentang
proses pendirian Kaskus tersebut akan mengambil setting di Jakarta dan
Seattle (Amerika Serikat). Segmentasi film ini ditujukan untuk
menginspirasi seluruh generasi muda Indonesia dengan memanfaatkan
internet sebagai salah satu sumber daya teknologi dan komunikasi.
0 komentar: