Menyendiri Waktu tengah Malam untuk Meningkatkan Kreativitas




Sekali kali kita perlu menyendiri, menyendiri disini maksudnya bukan menyendiri untuk terus terusan merenung menambah kegalauan dan melakukan hal yang tak bermanfaat, tetapi menyendiri untuk hal yang bermanfaat. Kita perlu menyisihkan beberapa waktu luang untuk menyendiri dan berbincang bincang dengan hati nurani. Kita mungkin butuh waktu sejenak untuk merenungi diri. Suasana malam merupakan suasana yang cocok untuk menyendiri dengan ditemani oleh suara angin sepoi sepoi yang berhembus dan menyentuh hati. Tempat yang sunyi dan nyaman adalah pilihan yang cocok, misalnya di dalam kamar atau di luar rumah sambil memandangi bintang bintang di atas langit.

Kita bisa membayangkan betapa kecilnya kita di mata dunia dan betapa banyaknya kekurangan dan kesalahan kesalahan yang telah kita perbuat kepada orang orang disekeliling kita. Dengan menyendiri, mungkin kita bisa merumuskan sebuah masalah yang akhir akhir ini mengganggu pikiran kita, dan melihat hal apa saja yang menjadi kekurangan kita serta merusmuskan sebuah pemikiran yang kreatif untuk membentuk diri yang lebih baik dari sebelumnya.

Kita juga harus bisa memanfaatkan waktu yang baik untuk menyendiri, jangan sering sering menyendiri apalagi menyendiri untuk melakukan hal yang negatif. Mungkin kita juga bisa memanfaatkan momen menyendiri tersebut untuk curhat kepada Sang Pencipta, dengan ini kita bisa meminta petunjuk kepadaNya untuk menghadapi berbagai persoalan dalam kehidupan kita.

Dengan menyendiri kita juga mengembangkan aktivitas serta kreativitas atau hobi hobi kita yang sudah lama tidak kita lakukan. Misalnya dulu kita sering menggambar, dan akhir akhir ini sudah lama tidak menggambar, dan malam ini adalah waktu yang tepat untuk mengisinya. Atau mungkin yang suka menulis bisa juga membuat sebuah karya da mengungkapkan isi hatinya. Ataupun yang suka nyanyi, bisa memanfaatkan gitar sebagai peneman di malam ini.


Jadi kesimpulannya, kita sekali kali perlu menyendiri untuk intropeksi diri dan mengembangkan kreativitas kita. Namun terlalu sering menyendiri juga bukan hal yang baik. Oleh kareanya menyendiri akan lebih spesial bila dilakukan oleh waktu yang khusus dimana kamu ingin berbincang bincang dengan hati nurani dan juga Tuhan yang selalu dekat kepada kita.

0 komentar: